Amir A. Gofur, M.Si,

Amir A. Gofur, M.Si,

Foto : Amir A. Gofur, M.Si,

Lulusan Program Pascasarjana FISIP Universitas Indonesia pernah pengalaman menjadi wartawan hingga  Managing Editor di Majalah komunikasi pemasaran  Cakram Komunikasi (2004-2008). Tahun 2007, Amir hijrah perusahaan konsultan marketing ternama  ke Mark Plus dan ditugaskan  menangani publikasi dan penerbitan buku-buku MarkPlus serta proyek penulisan corporate book. Tahun 2008, bersama “Guru Marketing” Hermawan Kartadjaya, Amir terlibat intensif dalam penerbitan awal  majalah  Markeeters, majalah yang diterbitkan MarkPlus Inc.

Tidak sekadar menjadi praktisi, Amir juga aktif menjadi dosen di Universitas Mercu Buana dan Universitas Sahid untuk beberapa mata kuliah, seperti; Communications, Public Relations, PR Writing, Media Relations, Media Management, Advertising, dan Media Planning. Pria kelahiran Jakarta ini juga berpengalaman menangani program-program komunikasi yang difasilitasi lembaga-lembaga internasional seperti UNDP, USAID, dan  World Bank serta beberapa kementerian\lembaga seperti Kementerian Pekerjaan Umum; Kementerian PPN\Bappenas, Kementerian BUMN; Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan lembaga-lembaga pemerintahan lainnya.

Beberapa buku yang pernah ditulisnya antara lain “Jembatan Kelok-9. New Icon in West Sumatera. Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum. 2013; "40 Tahun Perumnas. Pelopor Pembangunan Kawasan Permukiman dan Perumahan 2014" serta buku "Kumpulan Data dan Infografik. Pembangunan Infrastruktur dan Permukiman  Dalam Kawasan Perbatasan. Pusta Kementerian Pekerjaan Umum. 2014.“ Amir juga aktif sebagai editor buku di antaranya; Buku “Reformasi Internal TNI. Perspektif Baru Hubungan Sipil Militer di Indonesia. LP3ES: Jakarta. 2005; Buku ”Kesaksian Para Jenderal. Sekitar Reformasi Internal dan Profesionalisme TNI. LP3ES. Jakarta. 2007; Buku “10 PR Untuk Presiden Baru””.  Kota Kita Pers. Jakarta. 2004; Buku “Bagaimana Memenangkan Pilkada”. Akbar Tandjung Institute.  Jakarta.  2005; Buku ”Gerakan & Pemikiran Nasionalisme Kaum Muda. Pasang Surut Realitas Kebangsaan Kita.” Alvabet: Jakarta. 2005; Buku “Beyond Parlemen”. Transwacana: Jakarta: 2008; Buku “Crowd: Marketing Becomes Horizontal. Gramedia: Jakarta.2008; Buku “Making The Giant Leap. How to Unleash the Extraordinary Human Potential Gramedia: Jakarta.2009; Buku “Womanology.”” Gramedia. Jakarta. 2010; Buku “Public Private Partnership.” Alphabet. Jakarta 2010.

Selain itu. Amir juga berpengalaman dalam membuat film news documentary dan filler. Beberapa film news documentary yang pernah dibuatnya antara lain "Jalan Kita Bersama. Mari Jaga dan Pelihara" 11 edisi produksi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum tayang di TV One pada 2011, dan “'Jejak Air Nusantara" 4 edisi, produksi Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum  tayang di Antv pada 2012. Dengan pengalaman panjangnya dalam bidang komunikasi, Amir sering diundang dalam pelatihan dan workshop sebaga narasumber untuk materi Strategi Komunikasi dan PR Writing.