Kusairi

Kusairi

Foto : Kusairi

Memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu sosial dan ilmu politik, Kusairi menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional Jakarta dan mengenyam pendidikan Pascasarjana Ilmu Politik pada universitas yang sama pada 2013. Di dunia komunikasi, kompetensi pria berperawakan sedang ini, lebih banyak didapatnya melalui pengalaman, learning by doing (belajar sambil bekerja).

Kusairi kini duduk sebagai Direktur Utama PT Indocita Karya Media (Indokarmed). Dia merintis karir dari menjadi penulis lepas di beberapa surat kabar pada 1990 – selepas SMA sebelum kuliah, kemudian berlanjut masuk RCTI pada 1996. Dua tahun kemudian, saat kriris monetar 1998, dia pindah menjadi manajer Humas dan PR Rumah Sakit (RS) Mitra Menteng Abadi (sekarang Mitra Afia), Kali Pasir Jakarta. Setahun bekerja di RS, dia menjadi pegawai BII (Bank International Indonesia). Setelah sempat mendapat the best marketer di sana, Kusairi pindah dan mulai merintis karir di dunia agency dan production. Di sini, dia tidak hanya banyak membuat karya-karya atau program-program berkaitan dengan dunia televisi tapi juga film layar lebar.

Tidak puas bekerja dengan orang lain, Tahun 2004, Kusairi bersama rekan-rekannya merintis usaha konsultan pengembangan sumber daya manusia di dunia minyak dan gas bumi (migas) di bawah payung PT Indocita Karya Global (IKG). Seiring perkembangan IKG, bersama rekan-rekannya dia merintis usaha baru yang bergerak di dunia konsultan komunikasi dengan brand Indokarmed pada 2010.

Di bawah bendera Indokarmed, tidak hanya dibuat sebuah media khusus minyak dan gas bumi (migas), khususnya untuk sektor hulu, tapi juga bisnis komunikasi yang lebih memberikan pelayanan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor hulu migas. Pelayanan yang dilakukan tidak hanya terkait dengan pekerjaan Media Relation, Placement Media, Edukasi Media, Media Mapping, Media Monitoring, dan Sosial Media (Sosmed), tetapi juga Stataegic Communication (Blue Print Komunikasi) dan pembuatan Standar Operating Procedure (SOP) komunikasi hingga Crisis Handling.

Beberapa perusahan maupun kelembagaan pemerintah pernah ditangani Indokarmed; di antaranya Kementerian Pariwisata, Kementerian PUPR, SKK Migas, PT Pertamina (Persero), Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ), Petronas, PeroChina, dan sejumlah perusahaan migas dan swasta lain.